Laman

Minggu, 10 Desember 2017

Go Back Couple as The Best Drama Ever, Here's Why

Akhirnya gue balik nulis review drama Korea lagi setelah sekian lama karena gue males. HAHA! Selain itu, gue juga merasa nggak ada drama yang perlu banget gue review karena ceritanya nggak terlalu 'kena' buat gue.

Well, kali ini drama yang mau gue bahas judulnya Go Back Couple. Dari judulnya juga udah ketebak ya pasti ini drama cinta-cintaan. Tapi jangan menilai drama dari judulnya aja, begitu juga dengan anggapan jangan menilai drama dari pemainnya.


Kenapa gue niat banget nulis ni drama, alesannya karena drama ini drama terbaik yang pernah gue tonton sepanjang hidup gue!

Beneran, nggak lebay. Gue nonton drama Korea dari jaman Song Hye Kyo main bareng Song Seung Hoon di Autumn In My Heart jaman dulu banget. Jadi, gue merasa drama Go Back Couple sangat layak disebut drama terbaik yang pernah gue tonton.

Drama ini ngasih banyak banget pelajaran buat gue, lo, dan kita semua. Nggak cuma soal cinta, drama ini ngajarin banyak banget hal yang bisa kita jadikan pengingat atau juga bahan untuk belajar. Makanya, di sini gue cuma pengen menjabarkan apa aja pesan moral yang gue ambil dari drama ini.

Tapi sebelumnya gue mau jelasin dikit ceritanya kayak apa. Jadi, Go Back Couple ini berkisah tentang pasangan suami istri Ma Jin Joo (Jang Nara) dan Choi Ban Do (Son Ho Jun) yang nikah muda dan udah 13 tahun menikah. Mereka mutusin untuk bercerai karena merasa nggak bahagia.

Sampe pada akhirnya putusan cerai mereka disahkan pengadilan. Mereka sama-sama merasa menyesal nikah dan mereka ngomong 'Kalau bisa memutar waktu kembali, aku tidak akan mau bertemu denganmu!'. Permintaan mereka terkabul, setelah mereka buang cincin pernikahan, mereka kembali ke masa kuliah ketika mereka belum kenal di tahun 1999. Di sini pelajaran untuk mereka dimulai.

Hubungan Ibu dan Anak

Inti cerita ini sebenernya emang tentang suami istri, tapi menurut gue justru hubungan antara ibu dan anak yang lebih terasa. Saat cerai tahun 2017, ibu Ma Jin Joo udah meninggal. Pas dia balik ke tahun 1999, ibunya belum meninggal. Begitu bangun tidur, Jin Joo ngeliat ibunya dan langsung peluk ibunya. Dia pikir itu mimpi karena dia nggak sadar kalo itu beneran ibunya. Sepanjang hari, kerjaan Jin Joo cuma nempelin ibunya.

Di sini gue nangis bombay karna gue ngebayangin seandainya gue jadi Ma Jin Joo, ketika nyokap lo udah nggak ada dan tiba-tiba waktu bisa diputer lagi di masa ketika nyokap lo masih ada. itu anugerah luar biasa yang nggak mungkin terjadi di kehidupan nyata.


Ibunya sampe heran kenapa Ma Jin Joo kayak gitu karna biasanya dia badung, seperti halnya anak muda yang lagi bergejolak. Tapi di sini Jin Joo menyadari kalo dia balik ke masa lalu, padahal dia udah 38 tahun. Jadi meskipun di tahun 1999 itu usianya masih 20 tahun, jiwanya udah 38 tahun.

Jin Joo yang merasa nggak mau melewatkan sedikit pun momen-momen bersama ibunya, berusaha meluangkan waktunya buat ibunya. Jin Joo berusaha menyenangkan ibunya, memeluk ibunya, mengatakan sayang ke ibunya, dan hal-hal yang dilakukan anak semestinya. Dia nggak mau menyesal dan menyia-nyiakan waktu bersama ibunya. (Sumpah gue mewek nulis ini!)


Di sini digambarin gimana perasaan anak yang kembali ketemu ibunya yang udah meninggal. Gimana rasa bahagia yang nggak bisa diungkapin dengan kata-kata. Gimana cara membahagiakan ibu supaya kita nggak menyesal udah nyakitin ibu kita. Kita diajarkan untuk nggak menyia-nyiakan dan menyakiti ibu kita sebelum ibu kita pergi meninggalkan kita.

Salah satu adegan yang bikin gue nangis ampe nyesek adalah saat Jin Joo melahirkan. Dia bahagia lihat anaknya, bahagia akhirnya bisa punya anak setelah menanti lebih dari 10 tahun, bahagia lihat mertuanya senang. Setelah itu, Jin Joo nangis sendirian di kamar karna ibunya nggak ada di saat penting dalam hidupnya.


Pesan ini jelas banget terasa sepanjang drama 12 episode ini. Penulis berusaha mengingatkan kita bahwa nggak selamanya ibu kita selalu ada di sisi kita. Jadi selagi ibu kita masih ada, jangan sia-siakan kesempatan itu dan berbuat baiklah padanya. Jangan sampai menyesal saat ibu kita udah nggak ada.

Nggak cuma itu, di sini kita 'diminta' untuk menempatkan diri kita sebagai orang tua. Ada salah satu adegan di mana ada ibu-ibu marahin anak kuliahan karena nggak sengaja nyenggol dia. Tu ibu-ibu marah sambil menghina anak kuliahan itu. Jin Joo membela anak kuliahan itu dan bilang "Anak itu juga putra kesayangan orang lain,". Karena Ma Jin Joo udah punya anak sehingga dia tau betul gimana perasaan orang tua.


Kalo disangkutin ke kehidupan nyata, mungkin kita nggak pernah kepikiran memposisikan diri kita sebagai orang tua. Kita seenaknya marahin orang lain, tapi gimana dengan perasaan orang tuanya? Mana ada sih orang tua yang rela anaknya dihina orang lain?

At the end ketika ibunya Jin Joo tau kalo Jin Joo berasal dari masa depan, dia pun bilang ke Jin Joo kalo dia balik lagi dan ibunya nggak ada, Jin Joo harus sering mengunjungi ayahnya. Orang tua akan senang kalo anaknya sering datang berkunjung. Ajak cucu-cucunya juga supaya kakeknya bisa bahagia melihat cucunya.

Komunikasi antar Pasangan

Penyebab perceraian Jin Joo dan Ban Do adalah karna Jin Joo menganggap Ban Do selingkuh. Jin Joo lihat sendiri foto Ban Do lagi jalan sama cewek lain dan nggak pulang malam itu. Padahal Ban Do lagi apes, sial. Selain itu, Jin Joo merasa hidupnya nggak bahagia, banyak masalah yang dia pendam sendiri dan merasa Ban Do nggak pernah ada saat dia butuh orang di sampingnya.

Persoalan ini terus terusan terjadi sampe pada akhirnya Jin Joo nyerah dan nggak kuat. Setelah mereka pisah dan balik ke masa lalu, akhirnya satu persatu terbuka penyebab perceraian mereka. Kurangnya komunikasi, terlalu memaklumi, dan juga sikap 'ah biarin, semuanya juga akan baik-baik aja' itu lah yang justru jadi bom waktu.



Adegan Jin Joo nangis saat ibunya meninggal dan dia menyalahkan Ban Do, saat itu ternyata Ban Do di kantor polisi ribut sama geng pelajar. Yang Jin Joo tau, Ban Do bertingkah kayak anak kecil dan nggak jelas berantem sama geng pelajar. Padahal saat itu Ban Do cuma ngebelain anak yang lagi dibully sama geng itu. Dia yang kena getahnya dikerubungin satu geng.

Jin Joo sedih berhari-hari, nggak pernah sedikit pun Ban Do ngajak Jin Joo cerita. Pulang kerja Ban Do kelihatan ceria di mata Jin Joo. Padahal Ban Do cuma berusaha supaya Jin Joo ketawa lagi. Tapi bukan itu yang Jin Joo mau. Dia mau Ban Do nangis bareng dia, mengenang ibunya bersama, dan memeluk Jin Joo di tengah rasa sedihnya. Komunikasi yang gagal ini yang bikin hubungan mereka mulai rusak.

Di sini digambarin kalo suami, dalam hal ini Ban Do, berusaha menyimpan kesusahannya sendiri. Dia nggak mau istrinya tau apapun soal kerjaan dia sampe akhirnya dia merasa istrinya nggak pernah ngerti gimana susahnya dia nyari duit. Its totally failed communication!

Satu lagi pesan tentang komunikasi antar pasangan yang disampein di drama ini. Adegan ibu dan ayah Ban Do berantem karna ibunya sengaja bikin makanan ayahnya Ban Do asin semua gara-gara ngambek nggak pernah diajak makan ke tempat makan enak.


Ayahnya Ban Do pun bilang "Buat apa punya mulut kalo nggak ngomong? Emangnya gue bisa ngerti kalo cuma diem aja? Gue nggak bisa nangkep kode atau tanda-tanda, makanya ngomong!". Jelas banget itu buat cewek-cewek yang demen ngasih kode ke gebetan atau pacar. Makanya ngomong, woy!

Pokoknya di drama ini mostly membahas tentang pentingnya komunikasi. Segala sesuatunya harus dibicarakan, bukan buat dipendam sendiri. Memendam segala sesuatunya sendiri ibarat menyimpan bom waktu yang suatu saat bisa meledak dan bikin semuanya hancur.

Intinya...

Mungkin gue agak lebay kalo nyebut ini drama terbaik, tapi gue pribadi bilang ini drama terbaik karena begitu banyak pesan moral yang gue dapet dari drama ini. Terutama betapa berartinya ibu di hidup kita. Gue selalu sedih dan netesin air mata tiap kali gue nulis tentang ini.

Nggak tau kenapa, gue akan nangis tiap kali gue ngebayangin hari-hari di mana nyokap gue udah nggak ada. Gue nggak tau kayak gimana hidup gue jadinya kalo seandainya nyokap gue pergi secepat itu. Gue nggak sanggup kalo harus melewati fase terpenting dalam hidup gue tanpa nyokap.


Setiap adegan Jin Joo sama ibunya, gue selalu memposisikan diri gue sebagai Jin Joo; apa ini akan jadi saat terakhir gue ngeliat nyokap gue? Apa besok gue masih bisa ketemu nyokap gue? Apa nyokap akan masih terus ada ngedampingin gue?

Permasalahan Jin Joo dan Ban Do juga jadi ilmu buat gue nantinya ketika gue berumah tangga; komunikasi itu penting banget. Berbagilah bersama baik suka maupun duka. Saling pengertian satu sama lain. Dengarkan, jangan cuma mau didengar.


Gue bersyukur banget bisa nonton drama ini sebelum terlambat. Gue masih bisa memperbaiki diri gue dan belajar banyak. Gue bisa menghargai setiap waktu gue sama nyokap dan berusaha nggak nyakitin hatinya.

Banyak banget yang pengen gue tulis, tapi gue udah nggak sanggup nahan air mata sama ingus gue yang beleber kemana-mana. Segitu aja dari gue. Oh iya, rating dari gue buat drama ini 100/100! Mantap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.