Laman

Senin, 04 Desember 2017

Cerita Bocah Ciledug Pelesiran ke Korea (Part I)

Masih nggak percaya, sebagai bocah yang dari lahir sampe segede ini di Ciledug akhirnya sampe juga ke Korea. Ini sedikit cerita pengalaman gue!

Nggak Kepikiran!

Musim gugur di Haneul Park, Seoul
 Salah satu wish list gue akhirnya kesampean juga: ke Korea! I was dreaming visit Korea and that dream finally came true. Gue akhirnya bisa mengunjungi Korea dan gue sendiri sampe saat ini masih nggak nyangka kalo pada akhirnya gue, bocah Ciledug, bisa juga ke sana dengan hasil usaha gue sendiri. *TERHARU*



Mungkin bagi sebagian orang, gue lebay atau norak. Tapi buat lo pecinta drama Korea atau K-Pop, pasti lo semua juga merasakan apa yang gue rasakan. Korea itu ibarat Mekkah-nya bocah-bocah penggila K-Drama dan K-Pop, betul nggak?

Jadi sebagai penggemar keduanya, gue merasa ini adalah salah satu goals dalam hidup yang harus tercapai. Dari tahun 2013 gue udah berandai-andai bisa ke Korea. Mulai dari harapan palsu mantan bos gue yang pernah nyebut pengen ngajak gue ke Korea, sampe PR Brand makeup yang seolah-olah ngasih sinyal mau ngajak gue liputan ke sana.

Tapi pada akhirnya gue ke sana dengan usaha gue sendiri. Awalnya, gue emang nggak ada pikiran sih buat ke Korea tahun ini. Gue justru nulis Jepang sebagai destinasi wisata gue, tapi Allah ternyata baik banget ke gue. Dia ngasih gue kesempatan buat nemuin jalan ke Korea.

Ini semua karna temen gue, si Virlin. Jadi gue tuh sama dia pas jaman kuliah nggak deket karna nggak sekelas dan kalo ketemu cuma say hi aja gitu. Tapi gara-gara kita ini gila abis nonton Descendants of The Sun, kita jadi sering bahas soal drama Korea. Ngalor-ngidul, kita berdua pun berandai-andai buat bisa ke Korea. Yah, lo tau lah ya alesannya yang disebutin di atas tadi.

Virlin, temen kehaluan bersama yang akhirnya jadi ngetrip bareng ke Korea!

Pas lihat harga tiket, cek harga hotel, dllnya kita sempet hopeless. Gila, mahal banget ya ke sana! Apalah gue yang cuma penulis di media online, gaji nggak seberapa kayaknya susah deh buat ke sana. Tu wacana sempet cuma jadi sekedar wacana. Angan-angan babu. Tapi ternyata kalo emang rejeki, selalu ada aja jalannya.

Si Virlin iseng nyari travel murah. Alesan kita pilih pake travel adalah karena kita berdua ini sebenernya penakut. Nggak kepengen nyasar di negara orang. Mana kita berdua nggak ada yang tau bahasa Korea selain annyeong haseyo, kamsa hamnida, saranghe, sama jinjja! Nemu juga deh tuh travel murah Rp 5.2 jt lewat Instagram nama travelnya @goreabackpacker.

Awal tahun ini, gue iseng apply kartu kredit dan diterima. Limitnya lumayan gede lagi. Trus karna gue juga punya banyak banget produk hadiah liputan yang kebanyakan udah nggak gw pake dan emang nggak gue pake akhirnya gue jualin. Ada salah satu produk yang gue jual dan laku. Harganya Rp4.6 juta! Makanya gue langsung pake tuh duit buat beli tiket.

Beli tiket juga pake drama! Cek harga tiket tiap hari lewat app Traveloka. Sempet liat Garuda Indonesia PP 4.6 jt. Tapi si Virlin ragu, dia masih tetep mau ke Garuda Indonesia Travel Fair di JCC. Pas tau ngantrinya kayak mau mudik Lebaran, akhirnya gue sama Virlin nyerah duluan. Setelah lewat drama panjang soal tiket, akhirnya gue, Virlin, dan Sammy (yang ikutan ke Korea setelah gue rayu) dapet tiket seharga Rp 4.8 jt PP pake maskapai Cathay Pacific.

Musim Gugur Pertama

Musim gugur di Nami Island
Selain karna gue anak K-Drama dan K-Pop, tujuan gue ke Korea adalah karna gue pengen ngerasain gimana rasanya tinggal di negara yang musimnya beda banget sama negeri sendiri. Yah tau sendiri kan ya, Ciledug sepanjang tahun panas. Cuacanya selalu di atas 30 derajat. Paling banter, pas musim ujan cuacanya bisa 27 derajat, itu juga tidur mesti pake selimut sama matiin kipas. Lol.

Gue beli tiket di bulan Maret, rasanya nggak mungkin berangkat pas musim semi. Duit gue nggak bakalan cukup buat bayar travel, tabungan visa, dan ongkos ke sana. Gue pun pilih musim gugur karena pengen lihat daun-daun pohon maple yang romantis. (Sebenernya sih alesannya karna gue nggak kuat dingin, makanya nggak berani pilih berangkat pas winter).

Gue, Virlin, dan Sammy akhirnya sepakat pilih tanggal 3-9 November 2017. Selain karna ngincer daun-daun maple merah di Nami Island biar lebih romantis, gue juga berangkat nunggu gajian dulu supaya punya duit buat belanja. LOL!

Jujur, ini pertama kalinya gue pelesiran ke negara empat musim. Sebelumnya cuma ke Singapore dan Thailand, which is cuacanya sama aja kayak Indonesia; panashhh! Gue excited banget karna ini pertama kalinya gue menghadapi musim gugur.

Jalan menuju Namsan Tower
Awalnya gue sok-sokan, mikirnya musim gugur tuh ya palingan nggak dingin-dingin banget. Tapi, yaelah bocah Ciledug macem gue yang biasa kepanasan, ke Ciwidey Bandung aja gue nggak kuat sama cuaca dinginnya. HAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Pas gue sampe sana ternyata cuacanya 5 derajat. Wow! We-o-we! WOW! Gue langsung menggigil dong! Padahal gue udah pake sweater sama jaket denim tebel, tapi ya itu masya Allah, masih nembus! Nggak sadar bibir gue gemeter wkwkwkwk. Belom lagi pipi gue berasa nempel di freezer tiap kali ada angin, buset dah dingin bener!

Begitu kereta bandara yang gue tumpangin mulai meluncur dan keluar area bandara, gue disambut dengan pemandangan bukit dan pegunungan berwarna merah-orange-cokelat. Gue pun langsung ngomong ke Virlin, "Lin, kita di Korea!" saking noraknya gue ngeliat pemandangan pohon-pohon doang.

No filter! Langit Korea emang sebiru ini!
Belum lagi langit biru Korea yang nggak pernah gue lihat di sini. Birunya itu, masya Allah, jerniiiiiiih banget! Gue nggak bisa mendeskripsikan perasaan gue pas gue lihat perpaduan langit biru Korea dan daun-daun kecoklatan yang bikin syahdu. Gileee, gue di Korea, men! Di Korea!

Gue bisa pegang daun-daun maple, lemparin daun ke udara, injek-injek daun pake sepatu gue, astaga gue norak banget Ya Allah!

Tapi pas hari ke dua gue di sana, gue disambut cuaca dingin. Jam 10 pagi, cuaca masih 2 derajat. Gue pun ngerasain kualat omongan bokap yang nyuruh gue bawa sarung tangan. Gue mikirnya 'Yaelah, bukan winter ini. Masih kuat gue!'. Eh taunya, karna saking dinginnya, tangan gue kayak beku. Nggak bisa ngerasain apa-apa tangan gue. Megang kamera aja kagak bisa gue. Gue pun pada akhirnya cuma bisa nyengir getir beli sarung tangan wol. Untung murah, cuma 3000 won atau kalo dirupiahin 36 ribu.

Di hari-hari berikutnya, Korea juga lebih bersahabat. Cuacanya sekitar 3 derajat pas pagi dan siangnya bisa 16 derajat. Mungkin karna tubuh gue udah biasa dan beradaptasi (belagu bet!), gue pun nggak begitu kedinginan di hari-hari selanjutnya.

Makanan Halal di Korea

Selama di Korea, wajib hukumnya minum banana milk tiap hari!
Nah, persoalan ini paling sering dipermasalahkan orang Muslim macem gue yang mau pelesiran ke negara yang mayoritasnya bukan Muslim kayak di Indonesia. Gue juga sempet was-was soal ini karna gue orangnya emang agak rewel soal makanan halal.

Sebenernya penjual makanan halal di Korea ini lumayan banyak, tapi tersebar. Maksudnya, nggak di setiap tempat lo bisa nemuin restoran bersertifikat halal. Restoran halal paling gampang lo bisa temuin di daerah Itaewon. Kawasan ini terkenal dengan komunitas Muslimnya.

Eh, tapi jangan salah juga, sih. Itaewon bukan 'Islamic Town' di Korea loh, ya! Itaewon itu kawasan antar bangsa, jadi ada banyak orang dari warga negara asing yang juga tinggal di sini. Jadi selain restoran halal, di Itaewon juga banyak klub malamnya. Emang mesti diperhatiin banget sih kalo mau cari tempat makan di Itaewon. Paling aman, cari restoran Malaysia, restoran Turki, atau restoran India.

Di Itaewon juga ada restoran terkenal bersertifikat halal yang menyediakan makanan Korea halal macem samgyetang, bulgogi, sampe kimchi jiggae. Namanya kalo nggak salah 'IED', pemiliknya Muslim Korea dan pelayannya orang Malaysia. Tapi sayangnya restoran ini kecil banget, jadi suka antri makannya kalo lagi musim liburan.

Di Nami Island juga ada restoran bersertifikat halal, kalo nggak salah namanya ASIAN Restaurant, deh. Di sini jual makanan Asia, terutama masakan Korea yang halal. Enak pula! Mereka juga jual nasi goreng, jadi buat yang nggak terlalu suka makanan Korea bisa pesan itu.

Tapi gue kasih tau aja, ya! Nyesel banget kalo selama di Korea nggak nyobain masakan asli sana karna rasanya beda banget sama restoran di sini yang menyajikan masakan Korea. Serius, beda banget! Masakan sana entah kenapa lezatnya nggak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Apalagi pecinta makanan pedes kayak gue, surga banget!

Crispy spicy chicken, jajanan pinggir jalan khas di Korea
Nah, kalo nggak nemu resto halal gimana? Gue kan sengaja pake jasa travel karna masalah ini juga dan sama travelnya juga dipilihin tempat makanan yang insha Allah halal. Kenapa? Di Korea itu susah sih kalo nyari makanan yang bener-bener ada sertifikat halalnya. Jadi pinter-pinter kita aja cari jenis restorannya.

Waktu di Insadong, gue makan di salah satu restoran yang jual makanan Korea. Mereka nggak punya logo halal, tapi makanan yang mereka jual sama sekali nggak mengandung pork. Atau makan resto Chicken & Beer persis yang kayak di drama Korea. Mereka cuma jual ayam, jadi ya insha Allah halal yah meskipun mereka juga jual bir hehehehehe. Balik lagi tergantung keyakinan kita masing-masing aja.

Buat yang penasaran sama jajanan khas Korea macem teokboki, odeng, kimbap, dllnya itu yang dijual di pinggir jalan, insha Allah juga halal karna ahjumma dan ahjussi penjualnya suka ngasih tau kalo mereka nggak pake daging sama sekali. Tapiiiii ya balik lagi ke keyakinan masing-masing ajalah ya.

Oh iya waktu ke Namdaemun Market gue juga diajak buat nyobain mackerel goreng di salah satu restoran di dalam pasar itu. Lokasinya nyempil-nyempil gitu jadi gue sendiri juga nggak yakin bisa langsung nemuin itu restoran kalo balik lagi ke sana.

Ikan mackerel goreng terenak di dunia!
Awalnya gue sempet underestimate ini restoran (gue lupa banget apa nama restoran ini) karna tempatnya aja kecil banget, sempit, trus dalem pasar. Tapi ini nih penyakit banyak orang, udah nilai sesuatu dari luarnya aja. Pas lihat ikan mackerel goreng disajiin di meja, gilak! Gilak! Ngiler abisss lihat ikan goreng segitu gede dan rasanya! Lo nggak boleh meremehkan rasanya! JUARA! Suerrrrr! Enak banget! Parah! Sumpah! Belom pernah gue makan ikan goreng pake nasi putih seenak itu!

Oke, balik lagi soal makanan halal. Intinya, cari makanan di Korea yang bersertifikat halal itu emang agak susah. Kita balik lagi aja ke keyakinan masing-masing. Kalo gue pribadi pernah belajar ilmu fiqih pas kuliah. Salah satunya pernah bahas soal prioritas hidup. Yang harus diutamain itu nyawa kita. Jadi kalo disambungin ke makanan di Korea ini, makan itu kan jadi bagian dari kebutuhan jasmani kita. Kalo kita nggak makan, kan kita bisa mati kelaparan. Daripada mati kelaparan, sebaiknya makanlah makanan yang ada. Tapi nggak asal makan aja, kita juga mesti memilih yang sekiranya 'aman' nggak mengandung arak dan babi.

Seperti yang berkali-kali gue bilang; semua tergantung sama keyakinan masing-masing aja. Wallahualam.

Nah, nanti gue lanjut lagi ceritanya. Ini aja udah engap, bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.